Rabu, 24 Juni 2015

KEDIRI


         Hai semua, dalam postingan pertama ini aku mau memperkenalkan kota tempat tinggal sekaligus tempat lahirku, yaitu Kediri. Kediri terdapat 2 pemerintahan, yaitu kota Kediri dan kabuaten Kediri. Kode tanda kendaraan bermotor karesidenan kediri adlah AG, jadi jangan bingung jika kalian melihat kendaran yang berkode AG. 

           Kali ini saya akan lebih menjelaskan tentang kabupaten kediri, yupp karena saya tinggal di kabupaten Kediri. Pertama-tama saya akan menjelaskan tentang tempat wisata yang ada di Kabupaten Kediri.
  •  Gunung Kelud 
kawah gunung kelud
Gunung kelud merupakan salah satu gunung aktif di Jawa Timur. Letaknya di tiga perbatasan kabupaten, yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Blitar. Gunung kelud terakhir kali meletus pada bulan Februari 2014 silam.
  • Air Terjun Dolo
           
Air Terjun Dolo
Air terjun Dolo terletak di dusun Besuki, desa Jugo, Kecamatan Mojo. Jaraknya sekitar 30 km dari kantor kabupten Kediri. Suasana disana masih sejuk dan dingin, sama dengan nuansa di pegunungan pada umumnya. Kebersihan disana juga masih terjaga kok.
  • Simpang Lima Gumul 
Monumen Simpang Lima Gumul
            Model bangunan monumen Simpang Lima Gumul sama seperti L’arch D’ Triomphe yang ada di Perancis. Berbeda dengan L’arch D’ Triomphe, monumen Simpang Lima Gumul memiliki gambar relief sesuai dengan masyarakat kabupaten Kediri. Monumen ini merupakan ikon dari Kabupaten Kediri. Di kawasan ini juga terdapat water park Gumul Paradise Island.

Kedua, saya akan memperkenalkan beberapa kuliner yang ada di Kabupaten Kediri.
  • Tahu GTT (Tahu Kuning)
            Kediri memang dikenal sebagai kota tahu, salah satu pusat produksinya terletak di Kecamatan Ngasem
  • Soto Branggahan
            Soto branggahan mungkin memang tidak seterkenal soto lamongan maupun coto makassar. Soto branggahan ini terletak di sepanjang jalan desa Branggahan, kecamatan Ngadiluwih, kabupaten Kediri
  • Sate Bekicot
            Sama seperti soto branggahan, sate bekicot terletak di jalan raya pare wates, tepatnya di desa Djengkol, kecamatan Plosoklaten, kabupaten Kediri. 

Ketiga, tentang seni budaya. Ada banyak diantaranya Seni Jaranan, Seni Tiban, Seni Reog, Seni Qosidah, Seni Tayub, Seni Campursari, Seni Ludruk, Seni Wayang Orang, Seni Wayang Kulit, Seni Atraksi Akrobatik, Debus, Seni Sanggar Tari Tradisional dan Tari Atraktif, serta Seni Bantengan. Jaranan merupakan salah satu kesenian khas kediri diantaranya ada Jaranan Senterewe, Jaranan Pegon, Jaranan Dor, dan Jaranan Jowo.

Sebenarnya masih terdapat beberapa tempat pariwisata lagi, jika ingin tahu lebih lengkap dan jelas silahkan kunjungi www.kedirikab.go.id




Tidak ada komentar:

Posting Komentar